Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL DENGAN KETERATURAN KUNJUNGAN ANTENATAL DI PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEBIDANAN MALANG
Pengarang : DESHINTA PUTRI WARDANI
Dosen Pembimbing : Herawati Mansur, SST., Jupriyono, S.Kp., M.Kes
Klasifikasi/Subjek : , Sikap, Kualitas Pelayanan Antenatal, Kunjungan Antenatal
Penerbitan : , Malang: 2017.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Wardani, Deshinta Putri. 2017. Hubungan Sikap Ibu Hamil tentang Kualitas Pelayanan Antenatal dengan Keteraturan Kunjungan Antenatal di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Jurusan Kebidanan. Program Studi Diploma IV Kebidanan Malang. Pembimbing Utama : Herawati Mansur, SST., M.Pd., M.Psi. Pembimbing Pendamping : Jupriyono, S.Kp., M.Kes Pemanfaatan pelayanan antenatal oleh seorang ibu hamil dapat dilihat dari cakupan pelayanan antenatal. Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2015, cakupan K1 sebesar 95,75% dan cakupan K4 sebesar 87,48% dengan target cakupan pelayanan antenatal sebesar 95%. Data Dinas Kesehatan Kota Malang tahun 2015, cakupan kunjungan ibu hamil K4 mengalami penurunan yaitu 11.846 (87,67%). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan sikap ibu tentang kualitas pelayanan antenatal dengan keteraturan kunjungan antenatal di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Desain penelitian menggunakan analitik korelasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi 52 ibu hamil trimester III, teknik sampling dengan purposive sampling, jumlah sampel 34 ibu hamil. Pengumpulan data sikap ibu hamil tentang kualitas pelayanan antenatal menggunakan kuesioner dan keteraturan kunjungan antenatal dengan dokumentasi buku KIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keteraturan kunjungan dengan sikap negatif 16 ibu hamil dan sikap positif 7 ibu hamil. Uji korelasi Fisher’s Exact Test didapatkan p value >  (1,00 > 0,05) demikian penelitian ini menerima H0 artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara sikap ibu hamil tentang kualitas pelayanan antenatal dengan keteraturan kunjungan antenatal. Diharapkan kualitas pelayanan antenatal lebih ditingkatkan dari fasilitas pelayanan, kinerja, keterampilan, dan sikap petugas kesehatan sehingga menghasilkan sikap ibu hamil yang baik. Kata Kunci : Sikap, Kualitas Pelayanan Antenatal, Kunjungan Antenatal



Lampiran

[ Sampul Depan ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]